Kenikmatan Kompleks Dari Kopi Arabika Sidikalang


Kenikmatan Kompleks Dari Kopi Arabika Sidikalang


Kopi Arabika Sidikalang ditanam di dataran tinggi kawasan Bukit Barisan tepatnya 1.500 meter di atas permukaan air laut. Oleh karena itu, kombinasi hawa dingin mempengaruhi cita rasa kopi tersebut. Dikenal memiliki cita rasa yang khas membuat kopi Arabika Sidikalang selalu dapat bersaing dengan kopi arabika lainnya. Meskipun harganya sedikit mahal namun sebanding dengan kenikmatannya.

Siapa yang tak kenal dengan kopi arabika? Bagi pecinta kopi tentunya sudah tidak asing lagi dengan kopi jenis ini. Salah satu kopi arabika yang patut untuk dicoba adalah Kopi Arabika Sidikalang. Kopi yang dihasilkan di daratan Sumatera ini menjadi salah satu Kopi Arabika yang kenikmatannya terkenal hingga ke luar negeri bahkan mampu bersaing dengan kopi dari Brazil.

Kenikmatan Kopi Arabika Sidikalang

Kopi dari Sumatera dikenal dengan kopi yang bertekstur lembut namun memiliki rasa yang mantap termasuk Kopi Arabika Sidikalang ini. Bercita rasa sedikit manis dan sensasi rasa seperti cokelat membuat kopi Sidikalang ini meninggalkan rasa yang tahan lama di mulut. Selain itu, kopi ini memiliki kenikmatan yang tak kalah dengan kopi sejenis yang ada di luar negeri.

Ingin menikmati kopi namun sedang memiliki gangguan lambung ? Bagi yang ingin menikmati kopi ini tidak perlu khawatir karena memiliki tingkat keasaman yang rendah. Oleh karena itu, bagi yang sedang memiliki gangguan lambung seperti asam lambung atau maag bisa menjadikan kopi ini sebagai alternatif. Selain itu, jika diseduh dengan benar kopi ini tidak akan menjadikan perut kembung serta memiliki aroma yang khas.

Kemasan Kopi Arabika Sidikalang

Kopi Arabika Sidikalang mulai banyak dijual di berbagai kedai kopi dan di toko online dengan berbagai kemasan. Selain itu, kopi ini dikemas dalam berbagai bentuk mulai dari kopi bubuk, bubuk kasar, dan dalam bentuk biji kopi. Namun, jangan kaget jika harganya sedikit mahal dibandingkan kopi dari Sumatera lainnya karena kopi ini memiliki rasa yang paling enak.

Berbagai merk telah mengemas kopi Arabika Sidikalang ini sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari kebutuhan kafe hingga rumahan. Harga per kemasannya memang sedikit mahal namun bukan tanpa sebab karena kopi jenis ini dibilang cukup langka. Walau pun harganya sedikit mahal, namun dijamin sebanding dengan kenikmatannya. Oleh karena itu, berapa pun harganya tidak menjadi masalah bagi para pecinta kopi untuk memburu kopi yang sudah melegenda ini.

Ciri Khas Kopi Arabika Sidikalang

Pada dasarnya kopi arabika merupakan jenis kopi yang ditanam di berbagai negara. Namun, dengan perbedaan iklim dan jenis tanah membuat kopi yang dihasilkan berbeda dan memiliki cirri khas tersendiri dari masing-masing daerah. Salah satunya Kopi Arabika Sidikalang ini. Berikut cirri khas kopi Arabika Sidikalang yang perlu diketahui :

1. Memiliki Tekstur yang Halus

Varietas kopi Sumatera dikenal memiliki tekstur yang halus termasuk kopi dari Sidikalang ini. Diproses secara kering atau dry-processed membuat cita rassnya semakin mantap. Selain itu, teksturnya juga yang paling halus diantara kopi sejenis di dunia.

2. Memiliki Rasa yang Kompleks

Rasa kopi dari Sumatera ini memang tidak diragukan lagi. Memiliki aroma yang khas dan cita rasa yang kompleks membuat kopi jenis ini menghadirkan rasa kopi yang dominan. Rasa dari kopi juga dipengaruhi dari tempat menanamnya yakni di suhu yang dingin sehingga menghasilkan rasa yang berbeda dengan kopi arabika lainnya.

3. Menghasilkan Rasa Kedua

Rasa kedua atau yang biasa disebut long after taste menjadi ciri khas Kopi Sidikalang. Dikenal sebagai kopi dengan rasa yang tahan lama membuat kopi ini menyisakan rasa kedua di mulut setelah diminum.

4. Tingkat Bitterness yang Tinggi

Bagi para pecinta kopi, rasa pahit yang dihasilkan dari secangkir kopi adalah kenikmatan tersendiri. Kopi ini juga memiliki tingkat bitterness yang tinggi namun tetap nikmat karena pahit yang dihasilkan seperti pahit cokelat.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba sensasi Kopi Arabika Sidikalang ? Kenikmatannya yang sudah melegenda membuat para pecinta kopi patut untuk mencobanya. Selain itu, kopi jenis ini juga memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga semakin banyak diminati. Sebaiknya, seduh kopi dengan cara yang benar agar semakin terasa kenikmatan dan aromanya yang khas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buat Lo yang suka Coffee Lover, Sudah Pernah Coba Kupi Khop ?

Kopi Khas Aceh yang Bukan Sembarang Kopi

Mengenal Beragam Jenis Biji Kopi Dari Seluruh Dunia